Wednesday, June 29, 2011

Tabel Gejala dari Jenis Penyakit Manusia yang Disebabkan Walet

No
Gejala
Penyakit
Pengobatan
1
Demam tinggi 38C
Flu Burung (Avian Influenza)
Pengobatan penyakit ini belum ada obat yang efektif. Penderita hanya akan diberi untuk meredakan gejala yang menyertai penyakit flu, seperti demam tinggi, batuk atau pusing. Amerika Serikat telah merekomendasikan 2 jenis obat antiviral untuk pengobatan dan pencegahan influenza. Jenis obat tersebut diantaranya adalah M2 inhibitors (amantadine and rimantadine) dan neuraminidase inhibitors (oseltamivir and zanimivir).
Nyeri sakit pada tulang sendi dan otot
Sakit tenggorokan
Sesak napas
2
Muntah–muntah
Penyakit Diare
Pengobatan diare dengan cara, diberikan satu bungkus oralit yang dapat digunakan untuk membuat 200 ml (1 gelas) larutan oralit. Cara pemberiannya:
1. Anak umur dibawah 12 bulan, 3 jam pertama diberikan 1,5 gelas dan setiap kali buang air besar diberikan 0,5 gelas larutan oralit.
2. Anak umur 1 – 5 tahun, 3 jam pertama diberikan 3 gelas dan setiap kali buang air besar diberikan 1 gelas larutan oralit.
3. Anak umur 5 – 12 tahun, 3 jam pertama diberikan 6 gelas dan setiap kali buang air besar diberikan 1,5 gelas larutan oralit.
4. Anak atau orang dewasa umur lebih dari 12 tahun, 3 jam pertama diberikan 12 gelas dan setiap kali buang air besar  diberikan 2 gelas larutan oralit
Badan lesu atau lemah
Tidak nafsu makan
Darah dan lendir dalam kotoran
3
Pembengkakan pada kelenjar getah bening
Penyakit Rubella (Campak Jerman)
Pengobatan khusus untuk penyakit campak Jerman belum ada, tetapi untuk menurunkan panas pada penyakit campak jerman bisa diberikan asetaminofen.Vaksin rubella merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak. Vaksin MMR diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun. Khusus ibu hamil Jika tidak memiliki antibodi, diberikan imunisasi dan baru boleh hamil 3 bulan setelah penyuntikan.
Mata terasa nyeri
Muncul bintik-bintik merah di seluruh tubuh
Nyeri sakit pada tulang sendi dan otot

4
Demam tinggi 38C
Rasa gatal kulit terutama waktu malam hari

Penyakit Scabies (Gudik) Penyakit Scabies (Gudik)

Pengobatan penyakit scabies harus dilakukan secara menyeluruh pada semua penderita dalam satu lingkungan seperti semua anggota keluarga dalam satu waktu , obat yang digunakan untuk penyakit scabies:
1. Permetrin berkadar 5 % dan bentuknya krim. Obat ini merupakan obat yang paling efektif karena sifat toksik yang rendah walaupun dapat menimbulkan sensasi panas. Penelitian permetrin telah dilakukan di Inggris, Amerika, dan Afrika. Permetrin 5% digunakan setelah mandi, digunakan satu kali dan dihapus setelah 8-12 jam. Bila belum sembuh diulang setelah satu minggu. Karena dapat menimbulkan sensasi panas, penggunaan Permetrin 5% tidak dianjurkan pada bayi dibawah umur 2 bulan.
2. Ivermectin ( Stromectol ) Obat yang dapat digunakan selain Permetrin 5% adalah Ivermectin. Obat ini merupakan obat yang dapat digunakan meskipun kurang efektif dibanding dengan Permetrin 5 %. Dosis dari obat ini adalah 200 mcg/kg. Jika masih diperlukan penggunaan dapat diulangi dalam 2 minggu. 
Tonjolan kulit berwarna putih keabu-abuan sepanjang sekitar 1 cm
5
Bersin-bersin
Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)
Pengobatan untuk ISPA yang disebabkan oleh bakteri yaitu jika penderita pneumonia ringan diberi obat antibiotik kotrimoksasol peroral. Bila penderita tidak mungkin diberi kotrimoksasol atau ternyata dengan pemberian kontrmoksasol  keadaan penderita menetap, dapat dipakai obat antibiotik pengganti yaitu ampisilin, amoksisilin atau penisilin prokain. Jika penderita pneumonia berat sebaiknya dirawat di rumah sakit, diberikan antibiotik parenteral, Oksigen.
Kepala rasa pening
Ingus encer kemudian menjadi kental kehijauan
Batuk-batuk disertai muntah-muntah
Sesak napas atau tampak kebiruan sekitar bibir dan mulut

1 comment:

  1. data dari tabel diatas diperoleh dari mana min?
    misalnya lokasinya, waktunya, dan lain2

    ReplyDelete