Wednesday, June 29, 2011

Sistem Pakar


Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut (Martin dan Oxman, 1988)
. Sistem pakar dirancang agar dapat melakukan penalaran seperti layaknya seorang pakar pada suatu bidang keahlian tertentu. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Tujuan pengembangan sistem pakar sebenarnya bukan untuk mengantikan peran manusia,tetapi untuk mensubsitusikan pengetahuan manusia kedalam bentuk sistem,sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
Ciri dan karateristik yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1.    Pengetahuan sistem pakar merupakan suatu konsep, bukan berbentuk numeris. Hal ini dikarenakan komputer melakukan proses pengolahan data.
2.   Secara numeric sedangkan keahlian dari seorang pakar adalah fakta dan aturan-aturan,bukan numerik.Pengetahuan sistem pakar merupakan suatu konsep, bukan berbentuk numeris. Hal ini dikarenakan komputer melakukan proses pengolahan data.
3.   Informasi dalam sistem pakar tidak selalu lengkap,subyektif,tidak konsisten,subyek terus menerus berubah dan tergantung pada lingkungan sehingga keputusan yang diambil bersifat tidak pasti dan tidak mutlak “ya” atau “tidak” akan tetapi menurut ukuran kebenaran tertentu.
4.   Kemungkinan solusi sistem pakar terhadap suatu permasalahan adalah bervariasi dan mempunyai banyak pilihan jawaban yang dapat diterima, semua faktor yang ditelusuri memiliki ruang masalah yang luas dan tidak pasti.
5.  Perubahan atau pengembangan pengetahuan dalam sistem pakar dapat terjadi setiap saat bahkan sepanjang waktu sehingga diperlakukan kemudahan dalm modifikasi sistem untuk menampung jumlah pengetahuan yang semakin besar dan semakin bervariasi.
6.  Pandangan dan pendapat terhadap sistem pakar tidaklah selalu sama,yang oleh karena itu tidak ada jaminan bahwa solusi sistem pakar merupakan jawaban yang pasti benar. Setiap pakar akan memberikan pertimbangan-pertimbangan berdasarkan faktor subyektif.
7.  Keputusan merupakan bagian terpenting dari sistem pakar.Sistem pakar harus memberikan solusi yang akurat berdasarkan masukan pengetahuan meskipun solusinya sulit sehingga  fasilitas informasi sistem harus selalu diperlukan.

No comments:

Post a Comment