Wednesday, June 29, 2011

Penyakit Manusia yang Disebabkan Walet (Part I)

A. Flu Burung 

Penyakit Avian Influenza pada  manusia banyak menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun, namun orang dewasa juga bisa terkena Penyakit Avian Influenza. Hampir separuh kasus flu burung pada manusia menimpa anak-anak, karena sistem kekebalan tubuh anak-anak belum begitu kuat. 
Gejala
Gejala manusia yang terinfeksi flu burung menunjukkan gejala seperti terkena flu biasa. Diawali dengan demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk dan sesak napas. Dalam perkembangannya kondisi tubuh sangat cepat menurun drastis. Sebagian besar penderita mengalami produksi dahak yang meningkat, di antaranya dahak bercampur darah.
Pengobatan
Sebenarnya pengobatan penyakit ini belum ada obat yangefektif. Penderita hanya akandiberi untuk meredakan gejala yang menyertai penyakit flu, seperti demam tinggi, batuk atau pusing. Amerika Serikat telah merekomendasikan 2 jenisobatantiviral untuk pengobatan dan pencegahan influenza. Jenis obattersebutdiantaranya adalah M2 inhibitors (amantadine and rimantadine) danneuraminidase inhibitors (oseltamivir and zanimivir).
B. Penyakit Diare

Penyakit diare adalah suatu kondisi dimana seseorang akan mengalami kehilangan cairan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi tubuh. Diare dapat disebabkan infeksi bakteri, parasit, jamur.
Gejala
Gejala diare adalah tinja yang encer dengan frekuensi 4 kali atau lebih dalam sehari, yang kadang disertai: muntah, badan lesu atau lemah, tidak nafsu makan, darah dan lendir dalam kotoran. 
Pengobatan
Upaya pengobatan diare dengan cara, diberikan satu bungkus oralit yang dapat digunakan untuk membuat 200 ml (1 gelas) larutan oralit. Cara pemberiannya: 
1. Anak umur dibawah 12 bulan, 3 jam pertama diberikan 1,5 gelas dan setiap kali buang air besar diberikan 0,5 gelas larutan oralit.
2. Anak umur 1 – 5 tahun, 3 jam pertama diberikan 3 gelas dan setiap kali buang air besar diberikan 1 gelas larutan oralit.
3. Anak umur 5 – 12 tahun, 3 jam pertama diberikan 6 gelas dan setiap kali buang air besar diberikan 1,5 gelas larutan oralit.
4. Anak atau orang dewasa umur lebih dari 12 tahun, 3 jam pertama diberikan 12 gelas dan setiap kali buang air besar  diberikan 2 gelas larutan oralit. 

No comments:

Post a Comment